SPO – SKRINING PASIEN DI IGD

Belum kesempatan Baca , Klik aja disini !

PENGERTIAN :

Merupakan suatu rangkaian kegiatan penilaian awal terhadap pasien yang akan dirawat di RS.

 

TUJUAN :

Pasien yang dirawat di RS akan mendapatkan pelayanan sesuai kebutuhan dan visi misi RS

 

KEBIJAKAN :

Skrining dilakukan pada kontak pertama untuk menetapkan apakah pasien dapat dilayani oleh RS (Sesuai Dengan SK Direktur RS. NAMARS No. .. Tentang Kebijakan pelayanan Rumah Sakit ).
PROSEDUR :

VIA TELEPON :

  1. Ucapkan salam “selamat pagi / siang / sore / malam, bapak / Ibu”.
  2. Tanyakan kebutuhan pasien “apa yang bisa saya bantu?”
  3. Ulangi pernyataan pasien sebagai tanda kita mengerti.
  4. Nilai dan putuskan apakah pasien dapat diterima untuk melakukan pemeriksaan awal atau tidak.
    • Jika penilaian kebutuhan pasien sesuai dengan sumber daya rumah sakit, maka pasien dapat diterima.
    • Jika kebutuhan pasien dinilai tidak sesuai dengan sumber daya rumah sakit, maka pasien diarahkan ke fasilitas kesehatan lain sesuai kebutuhan pasien.

 

PASIEN DATANG KE RS :

  1. Ucapkan salam “selamat pagi / siang / sore / malam, bapak / Ibu”.
  2. Tanyakan kebutuhan pasien “apa yang bisa saya bantu?”
  3. Ulangi pernyataan pasien sebagai tanda kita mengerti.
  4. Nilai dan putuskan apakah pasien dapat diterima untuk melakukan pemeriksaan awal atau tidak.
    • Jika penilaian kebutuhan pasien sesuai dengan sumber daya rumah sakit lakukan triage.
    • Jika kebutuhan pasien dinilai tidak sesuai dengan sumber daya rumah sakit tetapi kondisi pasien tidak gawat pasien diarahkan ke fasilitas kesehatan lain sesuai kebutuhan pasien.
    • Jika kebutuhan pasien dinilai tidak sesuai dengan sumber daya rumah sakit tetapi kondisi pasien gawat, tangani kegawatan pasien terlebih dahulu kemudian dirujuk ke RS lain sesuai kebutuhan pasien.

 

UNIT TERKAIT:

  • Instalasi Gawat Darurat
  • Instalasi Rawat Jalan