SPO – PEMASANGAN GELANG PASIEN RAWAT INAP

Belum kesempatan Baca , Klik aja disini !

PENGERTIAN :
Proses kegiatan pemasangan gelang identitas pasien rawat inap.

 

TUJUAN :
Sebagai alat untuk memastikan kebenaran identitas diri pasien untuk mencegah kesalahan dalam pelayanan kepada pasien.

 

KEBIJAKAN :
Setiap pasien yang masuk rawat inap dipasangkan gelang identitas pasien (Sesuai Dengan SK Direktur No. No. … Tentang Kebijakan Pelayanan RS. ).

 

PROSEDUR :

A. Persiapan Alat :

  • a. Gelang identitas pasien ( biru/merah muda )
  • b. Status Rekam Medis

 

B. Pelaksanaan : (dilakukan oleh perawat Instalasi Rawat Jalan atau Instalasi Gawat Darurat)

  1. Siapkan gelang identitas pasien sesuai jenis kelamin (biru untuk pasien laki-laki, merah muda untuk pasien perempuan).
  2. Tempelkan label pasien pada gelang identitas.
  3. Ucapkan salam, perkenalkan diri dan jelaskan maksud dan tujuan pemasangan gelang identitas kepada pasien, dengan kata- kata, “ Selamat pagi/siang/mlm Ibu/Bapak/Saudara, nama saya … Saya akan memasangkan gelang identitas ini di pergelangan tangan kiri Ibu/Bapak dengan tujuan untuk memastikan identitas Ibu/Bapak dengan benar dalam mendapatkan pelayanan dan pengobatan selama masa rawat inap di rumah sakit ini. Setelah Ibu/Bapak/Saudara berada di ruang rawat inap, petugas kami akan selalu melakukan verifikasi identitas dengan melihat gelang identitas ini dan meminta Bapak/Ibu/Saudara untuk menyebutkan nama, sebelum memberikan pelayanan/ prosedur tindakan.”
  4. Pasangkan gelang identitas pada pergelangan tangan kiri pasien bila memang memungkinkan. Atau pada sisi lain sesuai dengan kondisi masing-masing pasien, sesuai dengan Panduan.
  5. Informasikan kepada pasien dan atau keluarga bahwa gelang identitas ini harus selalu dipakai hingga pasien diperbolehkan pulang. “ Ibu/Bapak, gelang identitas ini harus selalu dipakai selama masih dalam masa perawatan di rawat inap RS Baptis Batu. “
  6. Ucapkan terimakasih dan sampaikan “Semoga lekas sembuh”

 

UNIT TERKAIT :

Instalasi Rawat Inap, Instalasi Gawat Darurat, Instalasi Rawat Jalan.