Panduan Restrain (Pembatasan) pada Pasien

restraints

PENGERTIAN

Restrain adalah semua metode, fisik atau mekanik untuk membatasi pasien dan kebebasan bergerak, aktifitas fisik atau akses normal pada badannya sendiri ( JCAHO,2001).

Restrain adalah aalat atau tindakan pelindung untuk membatasi gerakan atau aktifitas fisik klien atau bagian tubuh klien.

Restrain diklasifikasikan menjadi fisikal ( physical ) dan (chemical) restrain.

Fisikal restrain adalah restrain dengan metode manual atau alat bantu mekanik,atas alat-alat yang dipasang pada tubuh klien sehingga klien tidak dapat bergerak dengan mudah dan terbatas gerakannya,kemikal restrain adalah restrain dalam bentuk zat kimia neuroleptics,anxioulytics,sedative,dan psikotropika yang digunakan untuk mengontrol tingkah laku social yang merusak.

Pengertian secara internasional : restrain adalah metode atau cara pembatasan atau restriksi yang disengaja terhadap gerakan atau perilaku seseorang.Dalam hal ini ‘perilakuk’ yang dimaksudkan adalah tindakan yang direncanakan,bukan suatu tindakan yang tidak disadari atau tidak disengaja atau sebagai suatu reflek. Suatu tindakan untuk menghambat atau mencegah seseorang melakuakn asesuatu yang diinginkan.


B. dddddd