CHECKLIST RANAP INAP – SNARS

CHECKLIST RANAP INAP

 

RAWAT INAP TELUSUR STANDAR D O W S
Staf klinis SPK dan RKK

  • Bukti tentang penerbitan SPK dan RKK berdasar rekomendasi dari komite medis (D).
  • Bukti pelaksanaan tentang rekredensial untuk memberi kewenangan tambahan sudah diverifikasi dari sumber primer. (D).
  • Bukti tentang SPK dan RKK staf medis ada di unit pelayanan. (D).
  • Bukti pelaksanaan pengawasan untuk memastikan staf medis memberikan pelayanan sesuai SPK dan RKK. (D).

                    Komite medis (W)
                    Staf medis (W)

  • Bukti pelaksanaan tentang rekredensial terkini
  • Bukti pelaksanaan tentang proses rekredensial untuk kewenangan tambahan

                                  Komite Medis

                                  Staf Medis

  • Bukti pelaksanaan tentang proses penetapan SPK dan RKK staf keperawatan
  • Bukti pelaksanaan tentang pemeliharaan file kredensial setiap staf keperawatan

                     Komite Keperawatan

                     Staf Keperawatan

  • Bukti pelaksanaan tentang proses penetapan SPK dan RKK PPA lainnya dan staf klinis lainnya
  • Bukti pelaksanaan tentang pemeliharaan  file kredensial setiap PPA lainnya dan staf klinis lainnya

             Kepala / Staf SDM

                          PPA

KKS 10

KKS 12

KKS 14

KKS 17

++

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

Proses asuhan Asesmen awal medis, termasuk menghasilkan diagnosis dan masalah

  • Bukti dalam RM tentang pelaksanaan asesmen awal pasien rawat inap meliputi riwayat kesehatan pasien dan  pemeriksaan fisik, dengan menggunakan pola IAR
  • Bukti dalam RM tentang pelaksanaan asesmen awal pasien rawat inap meliputi faktor bio-psiko-sosio-kultural-spiritual,  dengan menggunakan pola IAR
  • Bukti dalam RM  asesmen awal pasien rawat inap menghasilkan diagnosis awal dan masalah kesehatan pasien, dengan menggunakan pola IAR
  • Bukti dalam RM tentang  pelaksanaan asesmen awal rawat inap selesai dalam waktu 24 jam atau lebih cepat  dengan bukti pencatatan tanggal dan jam
  • Bukti dalam RM  asesmen awal pasien rawat inap menghasilkan rencana asuhan, dengan menggunakan pola IAR, terintegrasi sesuai dengan AP 4 EP 1 dan 2 dan PAP 2.1
  • MPP menyusun rencana manajemen pelayanan pasien

                                           DPJP

                                           PPJA 

                                           MPP

      Kepala/staf unit rekam medis

  • Bukti dalam RM tentang pelaksanaan skrining risiko nutrisional
  • Bukti dalam RM tentang pelaksanaan  pasien dengan risiko nutrisional dilanjutkan dengan asesmen gizi

                                   PPJA

                            Dietisien

                Pasien/keluarga

  • Bukti dalam RM tentang skrining 
  • Bukti dalam RM tentang asesmen nyeri
  • Bukti dalam RM tentang asesmen ulang rasa nyeri dan tindak lanjutnya

                         DPJP/PPJA

                             Pasien/Keluarga.

  • Bukti dalam RM tentang skrining kebutuhan fungsional dan risiko jatuh
  • Bukti dalam RM hasil skrining kebutuhan fungsional dan risiko jatuh memperoleh asuhan yang sesuai ketentuan RS

                                    PPJA

                Pasien/Keluarga

Asesmen awal keperawatan

  • Bukti dalam RM tentang pelaksanaan skrining risiko nutrisional
  • Bukti dalam RM tentang pelaksanaan  pasien dengan risiko nutrisional dilanjutkan dengan asesmen gizi
  • Asesmen terintegrasi
    • Skrining nyeri
    • Asesmen nyeri
    • Risiko malnutrisi
    • Status fungsional
    • Risiko jatuh

                                          PPJA

                             Dietisien

                Pasien/keluarga

Pemberian informasi kondisi, diagnosis dan rencana asuhan 

  • Bukti pelaksanaan pemberian informasi tentang kondisi medis dan diagnosis pasti
  • Bukti pelaksanaan pemberian informasi tentang rencana asuhan dan tindakan yang akan dilakukan, sesuai MKE 9 EP 1
  • Bukti pelaksanaan pemberian informasi bila diperlukan persetujuan kedokteran, sesuai MKE 9 EP 4, PAB 5.1 dan PAB 7.1
  • Bukti pelaksanaan pemberian penjelasan tentang hasil dan proses asuhan/pengobatan.

Bukti pelaksanaan pemberian penjelasan tentang hasil yang tidak terduga.

                                   DPJP

                                   PPJA

                           Staf klinis

                Pasien/keluarga

Asesmen ulang

  • Bukti dalam RM tentang pelaksanaan asesmen ulang medis dilaksanakan minimal satu kali sehari, termasuk akhir minggu/libur untuk pasien akut
  • Bukti dalam RM tentang pelaksanaan asesmen ulang oleh perawat minimal satu kali per sif atau sesuai dengan perubahan kondisi pasien
  • Bukti dalam RM tentang  asesmen ulang yang dilakukan oleh PPA lainnya 

                        PPA lainnya 

                              Pasien/keluarga

Asesmen ulang nyeri

  • Bukti dalam RM tentang skrining 
  • Bukti dalam RM tentang asesmen nyeri
  • Bukti dalam RM tentang asesmen ulang rasa nyeri dan tindak lanjutnya

                          DPJP/PPJA

               Pasien/Keluarga.

Bukti koordinasi asuhan

  • Bukti tentang penetapan MPP dilengkapi dengan  uraian tugas.
  • Bukti tentang skrining untuk menentukan  kebutuhan manajemen pelayanan pasien, bisa menggunakan ceklis.
  • Bukti tentang konfirmasi oleh MPP. 
  • Bukti pelaksanaan koordinasi proses pelayanan yang difasilitasi oleh MPP.

Lihat bukti pencatatan form MPP yang menujukkan kesinambungan dan koordinasi proses pelayanan.

                    DPJP/PPA lainnya

      Manajer Pelayanan Pasien

Kepala instalasi rawat inap/kepala ruang

Rencana asuhan

PPK, CP, Protokol

  • Bukti di rekam medis tentang asuhan seragam sesuai butir a) s/d e)

                                    DPJP

                                    PPJA

                                    MPP

Kepala/staf unit   pelayanan

Pasien/keluarga

Integrasi pelayanan

Rencana asuhan terintegrasi dan dengan sasaran

  • Bukti di rekam medis tentang rencana asuhan diintegrasikan dan dikoordinasikan di dan antar berbagai unit pelayanan, juga untuk bukti PAP 2.1, PAP 5.
  • Bukti di rekam medis tentang rencana asuhan diintegrasikan dan dikoordinasikan di dan antar berbagai unit pelayanan, juga untuk bukti PAP 2.1, PAP 5.
  • Bukti di rekam medis tentang simpulan rapat dari Tim PPA atau komunikasi keseharian dalam asuhan terintegrasi antar PPA

Lihat form antara lain form CPPT, form tindakan askep/nurse’s note, form MPP

PPA

Kepala/staf unit Pelayanan

MPP

  • Bukti di rekam medis tentang rencana asuhan pasien terintegrasi dengan sasaran

Dievaluasi dan direvisi

  • Bukti di rekam medis tentang evaluasi rencana asuhan secara berkala 

Evaluasi berkala pada CPPT dan dibuat notasi

  • Bukti di rekam medis tentang perkembangan pasien dievaluasi berkala dan dibuat notasi pada CPPT oleh DPJP sesuai dengan kebutuhan dan diverifikasi harian oleh DPJP

                                                PPA

Hak pasien

    • Hak privasi
  • Bukti pelaksanaan tentang penjelasan kerahasiaan informasi kesehatan pasien
  • Bukti pelaksanaan permintaan persetujuan pelepasan informasi kepada pihak luar oleh pasien misalnya: asuransi, BPJS, perusahaan, Dinas Kesehatan
  • Bukti pelaksanaan tentang wajib simpan rahasia pasien 
  • Bukti sumpah staf non klinis yang diberi akses ke rekam medis tentang wajib simpan informasi kesehatan pasien 
  • Bukti pelaksanaan identifikasi harapan dan kebutuhan privasi
  • Lihat kelengkapan dan pelaksanaan akan privasi pada lokasi pelayanan di ruang rawat jalan, IGD, rawat inap, dan kelengkapan transfer pasien, dsb

             Staf rekam medis

             Staf klinis

             Pasien/keluarga

Hak atas nilai dan keyakinan

  • Bukti dalam RM tentang identifikasi agama, keyakinan dan nilai-nilai pribadi pasien
  •  Bukti pelaksanaan asuhan yang menghormati agama, keyakinan dan nilai-nilai pribadi pasien
  • Bukti kerjasama dengan rohaniawan
  • Bukti permintaan pelayanan rohani
  • Bukti pelaksanaan pelayanan rohani

Staf klinis                    Pasien/keluarga

Staf rekam medis

Peragaan dalam menanggapi permintaan pelayanan rohani

Pemberian informasi hasil asuhan dan pengobatan

  • Bukti pelaksanaan pemberian informasi tentang kondisi medis dan diagnosis pasti
  • Bukti pelaksanaan pemberian informasi tentang rencana asuhan dan tindakan yang akan dilakukan, sesuai MKE 9 EP 1
  • Bukti pelaksanaan pemberian informasi bila diperlukan persetujuan kedokteran, sesuai MKE 9 EP 4, PAB 5.1 dan PAB 7.1
  • Bukti pelaksanaan pemberian penjelasan tentang hasil dan proses asuhan/pengobatan.
  • Bukti pelaksanaan pemberian penjelasan tentang hasil yang tidak terduga.

                              DPJP

                              PPJA

                            Staf klinis

                 Pasien/keluarga

Pemberian informasi atas risiko tindakan, transfusi dan invasive

  • Bukti pemberian informasi  tindakan kedokteran yang akan dilakukan baik secara lisan maupun tertulis
  • Bukti pelaksanaan pemberian informasi
  • Bukti penolakan/persetujuan

                                     DPJP

                             PPJA/staf klinis

                     Pasien/keluarga

Proses transfer

  • Bukti form transfer memuat indikasi pasien masuk dirawat.
  • Bukti form transfer memuat riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan diagnostik.
  • Bukti form transfer memuat setiap diagnosis yang dibuat.
  • Bukti form transfer memuat setiap prosedur yang dilakukan.
  • Bukti  form transfer memuat obat yang diberikan dan tindakan lain yang dilakukan.
  • Bukti  form transfer memuat keadaan pasien pada waktu dipindah (transfer).
  • Bukti tentang kelengkapan pengisian form.

Lihat form transfer.

Manajer Pelayanan Pasien

Kepala instalasi rawat inap/kepala ruang rawat inap 

Staf klinis

Pasien/keluarga

Rujukan

  • Bukti pelaksanaan rujukan pasien sesuai dengan kebutuhan kesinambungan asuhan pasien.
  • Bukti tentang fasilitas kesehatan yang menerima dapat memenuhi kebutuhan pasien yang dirujuk.

                                  DPJP

                Staf keperawatan

                              Petugas Ambulans

Penolakan nasehat medis (AMA)

  • Bukti tentang pemberian edukasi.
  • Lihat bukti pemberian edukasi.

                                             DPJP

  • Bukti formulir tentang penolakan/tidak melanjutkan pengobatan
  • Bukti formulir tentang tidak melanjutkan perawatan (pulang atas permintaan sendiri)   
  • Bukti pelaksanaan edukasi tentang hak untuk menolak atau tidak melanjutkan pengobatan

Edukasi

    • Materi edukasi nutrisi, nyeri, obat

Bukti  pelaksanaan pemberian edukasi tentang:

  • penggunaan obat-obatan secara efektif dan aman
  • potensi efek samping obat
  • potensi interaksi obat antar obat konvensional, obat bebas, serta suplemen atau makanan

       (regulasi lihat MKE 1 EP 1)

    • Bukti pemberian edukasi
  • Bukti pelaksanaan pemberian edukasi tentang asesmen nyeri dan manajemen nyeri
  • Bukti tentang materi edukasi kolaboratif 

                            DPJP

                            PPJA 

                            staf klinis

                   Pasien/keluarga

Perencanaan pemulangan pasien

  • Bukti tentang pelaksanaan P3 atau discharge planning dicatat di rekam medis.

                    DPJP

              Staf keperawatan

Manajer Pelayanan    Pasien

             Pasien/keluarga

  • Bukti pemulangan pasien sesuai dengan kriteria pada rekam medis.
  •  Bukti tentang pelaksanaan pasien yang diizinkan meninggalkan rumah sakit selama periode waktu tertentu.

           DPJP/PPA lainnya

     Staf klinis

     Manajer Pelayanan Pasien

     Kepala instalasi rawat  inap/kepala ruang rawat 

Pasien terminal

  • Bukti dalam rekam medis tentang skrining pasien yang diputuskan dengan kondisi harapan hidup yang kecil
  • Bukti dalam rekam medis tentang asesmen awal dan asesmen ulang
  •  Bukti dalam rekam medis tentang penentuan asuhan dan layanan yang diberikan sebagai hasil asesmen 
  • Bukti dalam rekam medis tentang penentuan asuhan dan layanan yang diberikan sebagai hasil asesmen 
AP 1.1

AP 1.4

AP 1.5

AP 1.4.1

AP 4

HPK 2.1

MKE 11 EP 5

AP 2

AP 1.5

ARK 3.1

PAP 1

PAP 2

PAP 2.1 EP 2

PAP 2.1 EP 3

PAP 2.1 EP 4

PAP 2.1 EP 5

HPK 1.2

HPK 1.1

HPK 2.1

HPK 5.1

ARK 3.3

ARK 5

ARK 4.4

HPK 2.3

MKE 10

MKE 11

ARK 3

ARK 4

PAP 7

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

Keselamatan pasien Hand hygiene

  • Bukti pelaksanakan program kebersihan tangan (hand hygiene) di seluruh rumah sakit, sesuai dengan PPI 9 EP 3
  • Lihat pelaksanakan program kebersihan tangan (hand hygiene) di seluruh rumah sakit sesuai dengan PPI 9 EP 6
  • Bukti pelaksanaantentang  evaluasi upaya menurunkan infeksi sesuai dengan PPI 9 EP 6

               Komite/Tim PMKP

                              Komite/Tim PPI

 

                                               Staf SDM  

         Peragaan cuci tangan

Proses melaporkan

  • Pelaporan nilai kritis
  • Hand over
  • Proses pelaporan
SKP 5

SKP 2

SKP 2.1 EP 2

SKP 2.2

SKP 2

PPI
  • Ruang isolasi
    • Pasien airborne disease
    • Pasien immunocompromised
  • Identifikasi risiko infeksi
  • Limbah
  • Benda tajam
  • Alkes kedaluarsa
  • Fasilitas hand hygiene
  • Simulasi hand hygiene
PPI 5

PPI 8

PPI 7

PPI 7.4

PPI 7.5

PPI 7.2.1

PPI 9 EP 2

PPI 9 EP 3

ARK Proses transfer ARK 3

ARK 3.3

Proses rujukan ARK 5

ARK 5.2

Penolakan rujukan ARK 4.4

HPK 2.3

PKPO Obat emergensi PKPO 3 EP 4
PKPO 3.4 EP 2
PKPO 3.4 EP 3
Pasien bedah Pemberian informasi anestesi PAB 5.1

HPK 5.1

MKE 9 EP 4

MKE 11

Pemberian informasi bedah PAB 7.1

HPK 5.1

MKE 9 EP 4

MKE 11

Edukasi adanya nyeri pasca tindakan PAP 6 EP 4

MKE 11 EP 5

Asesmen pra anestesi PAB 4
Asesmen, diagnosis, rencana operasi PAB 7
Site marking SKP 4
Transfer Penyiapan form transfer ARK 3.3
Informasi ringkasan asuhan MKE 5 EP 5
Pasca operasi Manajemen nyeri:
Staf dilatih manajemen nyeri PAP 6 EP 5
Pelayanan nyeri sesuai kebutuhan PAP 6 EP 2
Asesmen ulang nyeri AP 1.5 EP 3
Edukasi mengatasi nyeri PAP 6 EP 3

MKE 11 EP 5

Risiko tinggi EWS PAP 3.1
Resusitasi/code blue PAP 3.2

KKS 8.1

Pelayanan darah:

  • Informed consent
  • Penanggung jawab dan supervisi
  • Kendali mutu pelayanan darah
PAP 3.3

HPK 5.2 EP 2

AP 5.11 EP 2

AP 5.11.1

AP 5.11.2

Pelayanan koma dan bantuan hidup PAP 3.4
Pasien immunosupressed PAP 3.5
Restraint PAP 3.7
Pasien lemah, geriatri, anak PAP 3.8
Kemoterapi atau yan risiko tinggi PAP 3.9

 

 3,419 total views,  6 views today