Edukasi Penyalahgunaan Zat
Definisi :
Mengajarkan penceganan penyalahgunaan zat oleh individu, keluarga, kelompok, atau
masyarakat
Tindakan
Observasi
- Identifikasi pengetahuan mengenai efek zat pada tubuh
- Identifikasi kemampuan membaca, status kognitif, psikologis, tingkat kecemasan dan
budaya - Identifikasi metode pembelajaran yang sesuai (mis, diskusi, tanya jawab, audio atau
visual, metode lisan atau tulisan)
Terapeutik
- Rencanakan strategi edukasi
- Jadwalkan waktu dan Intensitas pembelajaran sesuai kemampuan
- Sediakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan optimal oe di ruang kelas atau ruang terapi yang kosong)
- Berikan penguatan positif terhadap kemampuan yang didapat
- Ciptakan edukasi interaktif untuk memicu partisipasi aktif selama edukasi
Edukasi
- Jelaskan faktor-faktor penyebab penyalahgunaan zat (mis. faktor individu, faktor
lingkungan keluarga, sekolah, teman sebaya, masyarakat) - Jelaskan gejala klinis saat menggunakan zat (mis, jalan sempoyongan, bicara pelo, apatis, mengantuk, agresif, curiga)
- Jelaskan efek buruk penyelahgunaan zat pada kesehatan
- Jelaskan efek buruk penyelahgunaan zat pada sikap dan perilaku
- Ajarkan cara menghidari penyelagunaan zat
- Anjurkan mengulang kembali informasi edukasi tentang penyalahgunaan zat
Sumber : [bg_collapse view=”button-orange” color=”#72777c” icon=”arrow” expand_text=”Tampilkan Pustaka ” collapse_text=”Tutup Pustaka” ].
[/bg_collapse]
Tinggalkan Balasan