1.12418 Edukasi Penyalahgunaan Zat

Edukasi Penyalahgunaan Zat

 

Definisi :

Mengajarkan penceganan penyalahgunaan zat oleh individu, keluarga, kelompok, atau
masyarakat

 

Tindakan 

Observasi

  • Identifikasi pengetahuan mengenai efek zat pada tubuh
  • Identifikasi kemampuan membaca, status kognitif, psikologis, tingkat kecemasan dan
    budaya
  • Identifikasi metode pembelajaran yang sesuai (mis, diskusi, tanya jawab, audio atau
    visual, metode lisan atau tulisan)

 

Terapeutik

  • Rencanakan strategi edukasi
  • Jadwalkan waktu dan Intensitas pembelajaran sesuai kemampuan
  • Sediakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan optimal oe di ruang kelas atau ruang terapi yang kosong)
  • Berikan penguatan positif terhadap kemampuan yang didapat
  • Ciptakan edukasi interaktif untuk memicu partisipasi aktif selama edukasi

 

Edukasi

  • Jelaskan faktor-faktor penyebab penyalahgunaan zat (mis. faktor individu, faktor
    lingkungan keluarga, sekolah, teman sebaya, masyarakat)
  • Jelaskan gejala klinis saat menggunakan zat (mis, jalan sempoyongan, bicara pelo, apatis, mengantuk, agresif, curiga)
  • Jelaskan efek buruk penyelahgunaan zat pada kesehatan
  • Jelaskan efek buruk penyelahgunaan zat pada sikap dan perilaku
  • Ajarkan cara menghidari penyelagunaan zat
  • Anjurkan mengulang kembali informasi edukasi tentang penyalahgunaan zat

 

Sumber :  [bg_collapse view=”button-orange” color=”#72777c” icon=”arrow” expand_text=”Tampilkan Pustaka ” collapse_text=”Tutup Pustaka” ].
 width=

 

[/bg_collapse]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *