Definisi :
- Menfasilitasi Peningkatan Kemampuan penyelesaian masalah dan perasaan didukung oleh kelompok individu dengan pengalaman dan masalah yang sama sehingga lebih memahami situasi masing-masing.
Tindakan :
Observasi
- Identifikasi masalah yang sebenarnya dialami kelompok
- ldentifikasi kelompok memiliki masalah yang sama
- Identifikasi hambatan menghadiri sesi kelompok (mis. stigma, cemas, tidak aman)
- Identifikasi aturan dan norma yang perlu dimodifikasi pada sesi selanjutnya, jika peru
Terapeutik
- Siapkan lingkungan terapeutik dan rileks
- Bentuk kelompok dengan pengalaman dan masalah yang sama
- Mulai sesi kelompok dengan mengenalkan semua anggota kelompok dan terapis
- Mulai dengan percakapan ringan, berbagi informasi tentang diri masing-masing dan alasan terlibat dalam kelompok
- Buat aturan dan norma dalam kelompok dalam kelompok, terutama kerahasiaan dalam kelompok
- Sepakati Jumlah sesi yang diperlukan dalam kelompok
- Bangun rasa tanggung jawab dalam kelompok
- Diskusikan penyelesaian masalah dalam kelompok
- Berikan kesempatan individu untuk berhenti sejenak saat merasa distress akibat topik
tertentu sampai mampu berpartisipasi kembali - Berikan kesempatan istirahat di setiap sesi untuk memfasilitasi percakapan individual
dalam kelompok - Berikan kesempatan saling mendukung dalam kelompok terkait masalah dan
penyelesaian masalah - Berikan kesempatan kelompok menyimpulkan masalah, penyelesaian masalah dan
dukungan yang diperlukan untuk setiap anggota kelompok - Hindarkan percakapan ofensif, tidak sensitif, seksual atau humor yang tidak perlu/tidak
pada tempaitnya. - Sediakan media untuk kebutuhan berkomunikasi di luar kelompok (mis. email, telepon,
SMS, WA) - Lakukan refleksi manfaat dukungan kelompok pada setiap awal dan akhir pertemuan
- Akhiri kegiatan sesuai sesi yang disepakati
Edukasi
- – Anjurkan anggota kelompok mendengarkan dan memberi dukungan saat mendiskusikan
masalah dan perasaan - – Anjurkan bersikap jujur dalam menceritakan perasaan dan masalah
- – Anjurkan setiap anggota kelompok mengemukakan ketidakpuasan, keluhan, kritik dalam
kelompok dengan cara santun - – Anjurkan kelompok untuk menuntaskan ketidakpuasan, keluhan dan kritik
- – Ajarkan relaksasi pada setiap sesi, jika perlu
Tinggalkan Balasan