Belum kesempatan Baca , Klik aja disini !
PENGERTIAN :
Merupakan suatu rangkaian kegiatan penilaian awal terhadap pasien yang akan dirawat di RS.
Â
TUJUAN :
Pasien yang dirawat di RS akan mendapatkan pelayanan sesuai kebutuhan dan visi misi RS
Â
KEBIJAKAN :
Skrining dilakukan pada kontak pertama untuk menetapkan apakah pasien dapat dilayani oleh RS (Sesuai Dengan SK Direktur RS. NAMARS No. .. Tentang Kebijakan pelayanan Rumah Sakit ).
PROSEDUR :
VIA TELEPON :
- Ucapkan salam “selamat pagi / siang / sore / malam, bapak / Ibu”.
- Tanyakan kebutuhan pasien “apa yang bisa saya bantu?”
- Ulangi pernyataan pasien sebagai tanda kita mengerti.
- Nilai dan putuskan apakah pasien dapat diterima untuk melakukan pemeriksaan awal atau tidak.
- Jika penilaian kebutuhan pasien sesuai dengan sumber daya rumah sakit, maka pasien dapat diterima.
- Jika kebutuhan pasien dinilai tidak sesuai dengan sumber daya rumah sakit, maka pasien diarahkan ke fasilitas kesehatan lain sesuai kebutuhan pasien.
Â
PASIEN DATANG KE RS :
- Ucapkan salam “selamat pagi / siang / sore / malam, bapak / Ibu”.
- Tanyakan kebutuhan pasien “apa yang bisa saya bantu?”
- Ulangi pernyataan pasien sebagai tanda kita mengerti.
- Nilai dan putuskan apakah pasien dapat diterima untuk melakukan pemeriksaan awal atau tidak.
- Jika penilaian kebutuhan pasien sesuai dengan sumber daya rumah sakit lakukan triage.
- Jika kebutuhan pasien dinilai tidak sesuai dengan sumber daya rumah sakit tetapi kondisi pasien tidak gawat pasien diarahkan ke fasilitas kesehatan lain sesuai kebutuhan pasien.
- Jika kebutuhan pasien dinilai tidak sesuai dengan sumber daya rumah sakit tetapi kondisi pasien gawat, tangani kegawatan pasien terlebih dahulu kemudian dirujuk ke RS lain sesuai kebutuhan pasien.
Â
UNIT TERKAIT:
- Instalasi Gawat Darurat
- Instalasi Rawat Jalan
 5,683 total views,  3 views today