SBAR – Komunikasi Efektif di Rumah Sakit (With AI Revisi)

Panduan Komunikasi SBAR untuk Tenaga Kesehatan

Tujuan: Meningkatkan Keselamatan Pasien melalui Komunikasi yang Efektif.

Definisi: Komunikasi SBAR (Situation, Background, Assessment, Recommendation) adalah standar sistem komunikasi antar tenaga kesehatan yang digunakan untuk mengkomunikasikan informasi mengenai pengelolaan pasien. Ini memungkinkan tenaga kesehatan untuk berbagi informasi secara terstruktur, mengurangi kesalahan komunikasi, dan meningkatkan perawatan pasien.

Langkah-langkah Komunikasi SBAR:

1. Situasi (Situation):

  • Sapa dengan hormat, sebutkan nama dan identitas Anda.
  • Sebutkan asal ruang perawatan atau unit Anda.
  • Identifikasi pasien dengan menyebutkan nama lengkap dan nomor identifikasi jika ada.
  • Jelaskan alasan Anda melaporkan kondisi pasien secara subyektif dan obyektif.

Contoh: “Selamat pagi, saya [nama Anda] dari [ruang perawatan/instalasi] di RS [nama RS]. Saya ingin melaporkan kondisi pasien [nama pasien]. Saat ini, kondisi pasien adalah [deskripsi kondisi] dengan tanda-tanda vital [tanda-tanda vital].”

2. Latar Belakang (Background):

  • Berikan informasi latar belakang pasien, termasuk Riwayat Penyakit Sekarang (RPS).
  • Jelaskan alasan pasien dirawat inap (jika berlaku).
  • Sebutkan pengelolaan pasien yang sudah dilakukan dan terapi yang diterima pasien sampai saat itu yang signifikan.

Contoh: “Pasien ini telah dirawat inap karena [alasan]. Riwayat penyakit saat ini adalah [RPS]. Kami telah melakukan tindakan [tindakan] dan memberikan terapi [terapi].”

3. Penilaian (Assessment):

  • Berikan penilaian kondisi pasien menurut Anda sebagai pelapor (jika sesuai).

Contoh: “Menurut penilaian saya, kondisi pasien mengarah ke [penilaian kondisi].”

4. Rekomendasi (Recommendation):

  • Jelaskan rekomendasi yang Anda miliki untuk perawatan pasien.

Contoh: “Saya merekomendasikan [rekomendasi]. Mohon dokter segera datang.”

Konfirmasi Ulang:

  • Catat hasil pembicaraan secara tertulis.
  • Baca kembali informasi kepada pihak yang dilaporkan.
  • Pastikan pihak yang dilaporkan menyetujui informasi yang disampaikan.
  • Akhiri komunikasi setelah konfirmasi ulang.

Penggunaan Komunikasi SBAR: Sistem komunikasi SBAR dapat digunakan dalam berbagai situasi, termasuk: a. Komunikasi antara perawat dan dokter. b. Konsultasi antardokter. c. Antarbagian layanan kesehatan. d. Pergantian petugas jaga (shift).

Unit Terkait: Panduan ini berlaku untuk unit-unit berikut:

  1. Keperawatan.
  2. Dokter.
  3. Instalasi Rehabilitasi Medik.
  4. Laboratorium.
  5. Radiologi.
  6. Instalasi Gizi.
  7. Instalasi Gawat Darurat.

Dengan mengikuti panduan ini, diharapkan komunikasi antar tenaga kesehatan akan lebih efektif dan akan berkontribusi pada peningkatan keselamatan pasien. Selalu pertimbangkan perkembangan terbaru dalam ilmu medis dan perawatan kesehatan untuk memastikan praktik-praktik terbaik yang terkini diterapkan.

 

 

 


Naskah Asli :

Komunikasi efektif sangat diperlukan di rumah sakit.

Komunikasi SBAR : Kerangka komunikasi efektif yang digunakan di rumah sakit adalah komunikasi SBAR (Situation, Background, Assessment, Recommendation), metode komunikasi ini digunakan pada saat perawat melakukan handover ke pasien. Komunikasi SBAR adalah kerangka teknik komunikasi yang disediakan untuk petugas kesehatan dalam menyampaikan kondisi pasien.
SBAR adalah metode terstruktur untuk mengkomunikasikan informasi penting yang membutuhkan perhatian segera dan tindakan berkontribusi terhadap eskalasi yang efektif dan meningkatkan keselamatan pasien. SBAR juga dapat digunakan secara efektif untuk meningkatkan serah terima antara shift atau antara staf di daerah klinis yang sama atau berbeda. Melibatkan semua anggota tim kesehatan untuk memberikan masukan ke dalam situasi pasien termasuk memberikan rekomendasi. SBAR memberikan kesempatan untuk diskusi antara anggota tim kesehatan atau tim kesehatan lainnya.

PENGERTIAN : Suatu standar sistem komunikasi antar tenaga kesehatan guna
mengkomunikasikan hal-hal mengenai pengelolaan pasien.

TUJUAN Tercapainya Keselamatan Pasien terutama sasaran mengenai
Komunikasi yang Efektif.

KEBIJAKAN : Komunikasi antar petugas kesehatan dilakukan dengan metode SBAR.

PROSEDUR : 

Langkah melakukan SBAR (Situation, Background, Assesment, Recommendation) dan konfirmasi ulang.

1. Situation.

Sebutkan:
– salam,
– identitas pelapor dan asal ruang perawatan,
– identitas pasien, dan
– alasan untuk melaporkan kondisi pasien, secara subyektif dan obyektif.
Dengan kata-kata, ”Selamat pagi/siang/malam, saya …. dari ruangan
… RS …, hendak melaporkan pasien Tn/Ny/An …. Saat ini kondisi pasien ….. dengan tanda-tanda vital ….”

2. Background.
Sebutkan:
– latar belakang pasien, yaitu Riwayat Penyakit Sekarang (RPS),
– alasan pasien dirawat inap (bila rawat inap),
– pengelolaan pasien yang sudah berjalan, dan
– terapi yang diterima pasien sampai saat itu (yang signifikan).
Sudah dilakukan tindakan …. pengobatan …..”

3. Asessment.

Sebutkan penilaian kondisi pasien menurut pelapor (bila ada)
Dengan kata-kata, ”Menurut saya kondisi pasien mengarah ke ….”

4. Recommendation.
Sebutkan rekomendasi untuk pasien menurut pelapor (bila ada)
Dengan kata-kata, ”Apa yang perlu dilakukan? Mohon dokter segera datang”
Dengan kata-kata, ”Pasien dengan diagnosis …. perawatan hari ke ….

Konfirmasi ulang.
– Catat hasil pembicaraan pada secarik kertas,
– sebutkan ulang kepada pihak yang dilapori,
– bila benar, pihak yang dilapori menyatakan setuju dengan hasil tersebut.
– Pembicaraan selesai.

Khusus untuk konsultasi perawat dengan dokter:
– Salin hasil pembicaraan di status pasien dengan urutan SBAR.
– Bubuhkan stempel untuk tempat tanda tangan dokter.
– Dalam waktu 1×24 jam, dokter yang dikonsuli harus membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk pengesahan instruksi tersebut.

• Sistem komunikasi SBAR digunakan untuk mengkomunikasikan pasien dan pengelolaannya, terutama komunikasi verbal baik langsung maupun melalui sambungan telepon antar tenaga kesehatan yaitu antara:
a. Perawat dengan dokter
b. Konsultasi antardokter
c. Antarbagian layanan kesehatan
d. Pergantian petugas jaga (shift)

Unit Terkait :

1. Keperawatan.
2. Dokter.
3. Instalasi Rehabilitasi Medik.
4. Laboratorium.
5. Radiologi.
6. Instalasi Gizi.
7. Instalasi Gawat Darurat.

Contoh Komunikasi SBAR :

 312,759 total views,  413 views today