STARKES – Akreditasi Rumah Sakit Indonesia – SNARS.WEB.ID

Panduan Komunikasi Efektif – Part 2

BAB II – RUANG LINGKUP
Panduan komunikasi efektif ini diterapkan dilingkup rumah sakit yang ditujukan kepada :

Pelaksana panduan ini adalah seluruh pemberi pelayanan, petugas laboratorium,petugas radiologi, petugas informasi, pelaksana PKRS, dan semua karyawan di rumah sakit.

Dengan tujuan :

  1. Mendeskripsikan prosedur untuk memastikan pesan yang disampaikan komunikator akan sampai pada komunikan dengan benar dan lengkap
  2. Mengurangi kesalahan persepsi akibat komunikasi secara lisan
  3. Tercapainya 5 hal pokok, yaitu :
    1. Membuat pendengar mendengarkan apa yang kita katakan
    2. Membuat pendengar memahami apa yang mereka dengar
    3. Membuat pendengar menyetujui apa yang telah mereka dengar (atau tidak menyetujui apa yang kita katakan, tetapi dengan pemahaman yang benar)
    4. Membuat pendengar mengambil tindakan yang sesuai dengan maksud kita dan maksud kita bisa mereka terima
    5. Memperoleh umpan balik dari pendengar

============================================================================

BAB III – TATALAKSANA

A. Mekanisme penyampaian informasi ke seluruh rumah sakit

1. Fasilitas komunikasi di rumah sakit :

 

e) Web site

  1. Pengertian WEB
    • Website atau situs rumah sakit sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari rumah sakit saja. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari rumah sakit serta pengguna website.Web site rumah sakit termasuk jenis website statis karena berisi profil rumah sakit  dan dalam sisi pengembangannya hanya bisa diupdate oleh pihak rumah sakit saja.
  2. Fungsi WEB
    • Media Promosi : Sebagai media promosi utama maupun penunjang promosi utama rumah sakit , website dapat berisi informasi yang lebih lengkap daripada media promosi offline seperti leaflet, brosur, koran atau majalah.
    • Media Pemasaran : Pada rumah sakit …. website merupakan media pemasaran yang cukup baik karena dibandingkan dengan leafet,brosur,Koran,majalah,TV,radio dan dapat beroperasi 24 jam serta dapat diakses darimana saja.
    • Media Informasi : Website rumah sakit … yang bersifat global dapat diakses dari mana saja selama dapat terhubung ke internet, sehingga dapat menjangkau lebih luas daripada media  informasi konvensional seperti koran, majalah, radio atau televisi yang bersifat lokal.
    • Media Komunikasi :Web site rumah sakit …. dibangun untuk berkomunikasi seperti forum yang dapat memberikan fasilitas fasilitas bagi para anggotanya untuk saling berbagi informasi atau membantu pemecahan masalah tertentu.

 3,484 total views,  5 views today