CHECK LIST TELUSUR IGD – SNARS

CHECK LIST TELUSUR IGD

https://drive.google.com/open?id=1nS3WtmiM04wbwvF9nNi3mrkYiA-mASSC

IGD  URAIAN TELUSUR D O W S
Proses asuhan Triage

  • Bukti tentang pelaksanaan triase berbasis bukti.
    Dokter IGD
    Perawat IGD

Asesmen gawat darurat dokter dan perawat

  • Bukti dalam RM tentang pelaksanaan asesmen awal pasien gawat darurat yang mencakup riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik.
  • Bukti dalam RM tentang pelaksanaan asesmen awal pasien gawat darurat meliputi faktor bio-psiko-sosio-kultural-spiritual berfokus pada kondisi pasien.
  • Bukti dalam RM tentang pelaksanaan asesmen awal pasien gawat darurat menghasilkan diagnosis awal dan masalah kesehatan pasien
  • Bukti dalam RM tentang pelaksanaan asesmen awal pasien gawat darurat menghasilkan rencana asuhan dengan metode IAR
                              DPJP
                              PPJA

Rencana asuhan terintegrasi

  • Bukti di rekam medis tentang asuhan seragam sesuai butir a) s/d e)
    – DPJP
    – PPJA

    – MPP.

Kepala/staf unit pelayanan
    – Pasien/keluarga

Hak pasien

  • Bukti dalam RM tentang identifikasi agama, keyakinan dan nilai-nilai pribadi pasien 
  • Bukti pelaksanaan asuhan yang menghormati agama, keyakinan dan nilai-nilai pribadi pasien
  • Bukti kerjasama dengan rohaniawan
  • Bukti permintaan pelayanan rohani
  • Bukti pelaksanaan pelayanan rohani
    – Staf klinis
    – Pasien/keluarga

Peragaan dalam menanggapi permintaan pelayanan rohani

  • Bukti pelaksanaan tentang penjelasan kerahasiaan informasi kesehatan pasien
  • Bukti pelaksanaan permintaan persetujuan pelepasan informasi kepada pihak luar oleh pasien misalnya: asuransi, BPJS, perusahaan, Dinas Kesehatan
  • Bukti pelaksanaan tentang wajib simpan rahasia pasien 
  • Bukti sumpah staf non klinis yang diberi akses ke rekam medis tentang wajib simpan informasi kesehatan pasien
  • Bukti pelaksanaan identifikasi harapan dan kebutuhan privasi

Lihat kelengkapan dan pelaksanaan akan privasi pada lokasi pelayanan di ruang rawat jalan, IGD, rawat inap, dan kelengkapan transfer pasien, dsb
  – Staf rekam medis
  – Staf klinis
  – Pasien/keluarga

  • Bukti pelaksanaan pemberian informasi tentang kondisi medis dan diagnosis pasti
  • Bukti pelaksanaan pemberian informasi tentang rencana asuhan dan tindakan yang akan dilakukan, sesuai MKE 9 EP 1
  • Bukti pelaksanaan pemberian informasi bila diperlukan persetujuan kedokteran, sesuai MKE 9 EP 4, PAB 5.1 dan PAB 7.1
  • Bukti pelaksanaan pemberian penjelasan tentang hasil dan proses asuhan/pengobatan.
  • Bukti pelaksanaan pemberian penjelasan tentang hasil yang tidak terduga.
    DPJP
    – PPJA
    – Staf klinis

    – Pasien/keluarga

Edukasi

  • Bukti tentang pelaksanaan pemberian penjelasan  tentang hasil asesmen, diagnosa dan rencana asuhan
  •  Bukti tentang pelaksanaan pemberian edukasi oleh DPJP dan PPJA tentang hasil asuhan dan pengobatan  termasuk hasil asuhan yang tidak diharapkan
  •  Bukti pelaksanaan pemberian edukasi oleh DPJP, PPJA, MPP  tentang asuhan lanjutan di rumah 
  • Bukti pelaksanaan pemberian edukasi tentang risiko dan komplikasi tindakan medik yang akan dilakukan
  • Bukti pelaksanaan pemberian edukasi tentang hak, kewajiban dan tanggungjawab pasien untuk berpartisipasi dalam proses asuhan
    DPJP
    – PPJA
    – MPP
    – Staf klinis

    – Pasien/keluarga

Lihat rekam medis pasien

  • Bukti tentang materi edukasi kolaboratif 
  • Bukti pelaksanaan verifikasi 
  • Bukti materi edukasi tertulis

              PPA
              Staf klinis
              Pasien/keluarga Staf    pemberi edukasi 

Peragaan staf klinis dalam pemberian edukasi

ARK 1.1

AP 1.3

PAP 1

HPK 1.1

HPK 1.2

HPK 2.1

MKE 9

MKE 11

+
Skrining

  • Bukti tentang pelaksanaan asesmen yang digunakan untuk skrining pasien rawat inap.
  • Daftar jenis pelayanan preventif, paliatif, kuratif, dan rehabilitatif.
  • Bukti tentang pelaksanaan pelayanan atau tindakan yang diberikan sesuai kebutuhan pasien.
  • Bukti tentang penetapan prioritas untuk pelayanan preventif, paliatif, kuratif, dan rehabilitatif .

                                Staf medis

                    Staf keperawatan

ARK 1.2 ++

+

+

+

+

SKP Hand hygiene

  • Bukti pelaksanakan program kebersihan tangan (hand hygiene) di seluruh rumah sakit, sesuai dengan PPI 9 EP 3

Lihat pelaksanaan fasilitas untuk cuci tangan (1 tempat tidur satu handrub), lihat kepatuhan staf pada lima saat cuci tangan.

Peragaan disinfeksi, sesuai dengan PPI 9 EP 2, EP 5 dan EP 6

Staf SDM

Komunikasi antar PPA/staf klinis

  • Bukti pelaksanaan pelatihan tentang komunikasi efektif 
  • Bukti pelaksanaan tentang penyampaian pesan verbal atau lewat telpon.
  • Lihat dengan cek silang dokumen penyampaian verbal lewat telepon dari sisi pemberi dan dari sisi penerima

                                  DPJP

                      PPA lainnya

                                     Staf klinis

SKP 5

SKP 2

+

+

+

++ +

+

+

+

++
PPI Ruang dekontaminasi

  • Bukti tentang pelaksanaan program PPI meliputi a s/d g. di maksud dan tujuan
  • Bukti pelaksanaan program PPI, meliputi:
  • Bukti pemeriksaan berkala pegawai
  • Bukti laporan pajanan/ tertusuk jarum
  • Bukti imunisasi
  • Bukti pengobatan dan konseling pegawai

Lihat pelaksanaan program PPI di unit pelayanan (Hand Hygiene, APD, penempatan pasien, dll)

                  Komite/Tim PPI

                  IPCN

                  IPCLN

           Kepala bidang/divisi  keperawatan

           Kepala unit pelayanan/Kepala ruang

Peragaan hand hygiene

Pasien airborne disease

  • Lihat penempatan pasien airborne diseases, termasuk di ruang gawat darurat dan ruang lainnya dan transfer pasien (Lihat PPI 8 EP1)

          Kepala/staf IGD 

Kepala/staf rawat  jalan

Kepala/staf rawat inap 

IPCN

             IPCLN

Pasien immunocompromised

Lihat ruang isolasi untuk pasien dengan immunocompromised

Identifikasi risiko infeksi

  • Bukti tentang daftar risiko infeksi pada prosedur dan proses asuhan invasif 
  • Bukti strategi untuk penurunan infeksi (tata kelola risiko infeksi)

Limbah

  • Bukti pelaksanaan monitoring, evaluasi dan tindak lanjutnya 

Lihat kepatuhan petugas dalam pengelolaan limbah infeksius sesuai prinsip PPI

Benda tajam

Lihat kepatuhan petugas dalam pengelolaan benda tajam dan jarum sesuai prinsip PPI

                             

                          IPCN

                          IPCLN

          Kepala/staf unit pelayanan

        Petugas cleaning service

PPI 5PPI 8.1

PPI 8

PPI 7

PPI 7.4

PPI 7.5

++

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+
AP SPK dan RKK

  • Bukti tentang SPK dan RKK staf medis ada di unit pelayanan.
  • Bukti pelaksanaan pengawasan untuk memastikan staf medis memberikan pelayanan sesuai SPK dan RKK

                       Komite medis

                       Staf medis

  • Bukti pelaksanaan tentang proses rekredensial untuk kewenangan tambahan
  • Bukti pelaksanaan tentang proses penetapan SPK dan RKK staf keperawatan
  • Bukti pelaksanaan tentang proses penetapan SPK dan RKK PPA lainnya dan staf klinis lainnya
KKS 10

KKS 12

KKS 14

KKS 17

++

+

+

+

+

+

ARK Penolakan rawat inap

  • Bukti tentang pemberian edukasi.
  • Bukti pelaksanaan pasien keluar rumah sakit atas permintaan sendiri sesuai regulasi.
  • Bukti pelaksanaan rujukan sesuai ARK 5.
  • Bukti pelaksanaan evaluasi alasan pasien keluar rumah sakit atas permintaan sendiri.

                                            DPJP

  • Bukti formulir tentang penolakan/tidak melanjutkan pengobatan
  • Bukti formulir tentang tidak melanjutkan perawatan (pulang atas permintaan sendiri)   
  • Bukti pelaksanaan edukasi tentang hak untuk menolak atau tidak melanjutkan pengobatan
  • Bukti pelaksanaan edukasi tentang konsekuensi dari keputusan mereka
  • Bukti pelaksanaan edukasi tentang tanggung jawab mereka berkaitan dengan keputusan tersebut
  • Bukti pelaksanaan edukasi tentang tentang alternatif pelayanan dan pengobatan

                DPJP/PPA lainnya

                Staf klinis

                      Pasien / keluarga

ARK 4.4

HPK 2.3

++

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

Pendaftaran rawat inap

  • Bukti tentang proses pelaksanaan penerimaan pasien rawat inap dan rawat jalan
  • Bukti tentang proses pelaksanaan penerimaan pasien gawat darurat ke unit rawat inap.
  • Bukti tentang penetapan dan pelaksanaan menahan pasien untuk observasi termasuk edukasinya,perhatikan juga ARK 1.2.
  • Bukti tentang pemberian informasi rujukan dan pengelolaan pasien apabila tempat tidak tersedia. Perhatikan tentang kebutuhan kelompok pasien

                                 Staf medis

                    Staf keperawatan

                                 Pasien

                    Staf Admisi

untuk rawat inap biasa dan      rawat intensif.

ARK 2 ++

+

+

+

+

+

+

Proses transfer

  • Bukti tentang pelaksanaan P3 atau discharge planning dicatat di rekam medis.

                             DPJP

       Staf keperawatan

 Manajer Pelayanan    Pasien

Pasien/keluarga

  • Bukti form transfer memuat indikasi pasien masuk dirawat.
  • Bukti form transfer memuat riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan diagnostik.
  • Bukti form transfer memuat setiap diagnosis yang dibuat.
  • Bukti form transfer memuat setiap prosedur yang dilakukan.
  • Bukti  form transfer memuat obat yang diberikan dan tindakan lain yang dilakukan.
  • Bukti  form transfer memuat keadaan pasien pada waktu dipindah (transfer).
  • Bukti tentang kelengkapan pengisian form.

Manajer Pelayanan Pasien

       Kepala instalasi rawat inap/kepala ruang rawat inap 

                                   Staf klinis

                        Pasien/keluarga

ARK 3ARK 3.3 ++

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

Proses rujukan

  • Bukti pelaksanaan rujukan pasien sesuai dengan kebutuhan kesinambungan asuhan pasien.
  • Bukti tentang fasilitas kesehatan yang menerima dapat memenuhi kebutuhan pasien yang dirujuk.

                                  DPJP

           Staf keperawatan

         Petugas Ambulans

  • Bukti form rujukan memuat nama dari fasilitas pelayanan kesehatan yang menerima dan nama orang yang menyetujui menerima pasien.
  • Bukti form rujukan memuat alasan pasien dirujuk, memuat kondisi pasien, dan kebutuhan pelayanan lebih lanjut.
  • Bukti form rujukan memuat prosedur dan intervensi yang sudah dilakukan.
  • Bukti pelaksanaan evaluasi proses rujukan dalam aspek mutu dan keselamatan pasien.

                                         DPJP

           Komite/tim PMKP

     Kepala instalasi rawat inap/kepala ruang rawat inap

            Staf keperawatan

           Petugas Ambulans

ARK 5

ARK 5.2

++

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

Penolakan rujukan

  • Bukti tentang pemberian edukasi.
  • Bukti pelaksanaan pasien keluar rumah sakit atas permintaan sendiri sesuai regulasi.
  • Bukti pelaksanaan rujukan sesuai ARK 5.
  • Bukti pelaksanaan evaluasi alasan pasien keluar rumah sakit atas permintaan sendiri.

                                           DPJP

ARK 4.4

HPK 2.3

++

+

+

+
Ambulance:

Jenis ambulance

  • Bukti pelaksanaan transportasi  sesuai hasil asesmen.

Penyediaan alat transportasi pasien 

                      Kepala unit kerja

             Kepala instalasi rawat inap/kepala ruang rawat inap

                               Staf terkait

                       Sopir ambulans

Proses dekontaminasi

  • Bukti pelaksanaan dekontaminasi alat transportasi sesuai PPI 7.2.

          Lihat bukti dokumentasi    proses dekontaminasi alat transportasi.

                                             IPCN

                               Staf terkait

                              Sopir ambulans

Penanganan pengaduan

  • Bukti pelaksanaan penanganan pengaduan/keluhan dalam proses rujukan. 

                               Staf terkait

                       Sopir ambulans

ARK 6 EP 2ARK 6 EP 3

ARK 6 EP 4

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

+

PKPO Obat emergensi

  • Dokumen supervisi apoteker 

Kepala Insatalasi Farmasi

Apoteker

PKPO 3 EP 4 + +
  • Bukti daftar obat emergensi disetiap tempat penyimpanan

Fisik obat sesuai jumlahnya dengan daftar

     Kepala Instalasi Farmasi

     Perawat

     Apoteker 

           Staf Farmasi

PKPO 3.4 EP 2 + +

+

+

+

+

  • Bukti tentang catatan supervisi tentang penyimpanan obat emergensi

Lihat Fisik obat sesuai jumlahnya dengan daftar obat

     Kepala Instalasi Farmasi

     Perawat

     Apoteker 

           Staf Farmasi

PKPO 3.4 EP 3 ++

+

+

+

+

 

 4,082 total views,  2 views today