IGD |
URAIAN TELUSUR |
|
D |
O |
W |
S |
Proses asuhan |
Triage
- Bukti tentang pelaksanaan triase berbasis bukti.
Dokter IGD
Perawat IGD
Asesmen gawat darurat dokter dan perawat
- Bukti dalam RM tentang pelaksanaan asesmen awal pasien gawat darurat yang mencakup riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik.
- Bukti dalam RM tentang pelaksanaan asesmen awal pasien gawat darurat meliputi faktor bio-psiko-sosio-kultural-spiritual berfokus pada kondisi pasien.
- Bukti dalam RM tentang pelaksanaan asesmen awal pasien gawat darurat menghasilkan diagnosis awal dan masalah kesehatan pasien
- Bukti dalam RM tentang pelaksanaan asesmen awal pasien gawat darurat menghasilkan rencana asuhan dengan metode IAR
DPJP
PPJA
Rencana asuhan terintegrasi
- Bukti di rekam medis tentang asuhan seragam sesuai butir a) s/d e)
– DPJP
– PPJA
– MPP.
Kepala/staf unit pelayanan
– Pasien/keluarga
Hak pasien
- Bukti dalam RM tentang identifikasi agama, keyakinan dan nilai-nilai pribadi pasien
- Bukti pelaksanaan asuhan yang menghormati agama, keyakinan dan nilai-nilai pribadi pasien
- Bukti kerjasama dengan rohaniawan
- Bukti permintaan pelayanan rohani
- Bukti pelaksanaan pelayanan rohani
– Staf klinis
– Pasien/keluarga
Peragaan dalam menanggapi permintaan pelayanan rohani
- Bukti pelaksanaan tentang penjelasan kerahasiaan informasi kesehatan pasien
- Bukti pelaksanaan permintaan persetujuan pelepasan informasi kepada pihak luar oleh pasien misalnya: asuransi, BPJS, perusahaan, Dinas Kesehatan
- Bukti pelaksanaan tentang wajib simpan rahasia pasien
- Bukti sumpah staf non klinis yang diberi akses ke rekam medis tentang wajib simpan informasi kesehatan pasien
- Bukti pelaksanaan identifikasi harapan dan kebutuhan privasi
Lihat kelengkapan dan pelaksanaan akan privasi pada lokasi pelayanan di ruang rawat jalan, IGD, rawat inap, dan kelengkapan transfer pasien, dsb
– Staf rekam medis
– Staf klinis
– Pasien/keluarga
- Bukti pelaksanaan pemberian informasi tentang kondisi medis dan diagnosis pasti
- Bukti pelaksanaan pemberian informasi tentang rencana asuhan dan tindakan yang akan dilakukan, sesuai MKE 9 EP 1
- Bukti pelaksanaan pemberian informasi bila diperlukan persetujuan kedokteran, sesuai MKE 9 EP 4, PAB 5.1 dan PAB 7.1
- Bukti pelaksanaan pemberian penjelasan tentang hasil dan proses asuhan/pengobatan.
- Bukti pelaksanaan pemberian penjelasan tentang hasil yang tidak terduga.
– DPJP
– PPJA
– Staf klinis
– Pasien/keluarga
Edukasi
- Bukti tentang pelaksanaan pemberian penjelasan tentang hasil asesmen, diagnosa dan rencana asuhan
- Bukti tentang pelaksanaan pemberian edukasi oleh DPJP dan PPJA tentang hasil asuhan dan pengobatan termasuk hasil asuhan yang tidak diharapkan
- Bukti pelaksanaan pemberian edukasi oleh DPJP, PPJA, MPP tentang asuhan lanjutan di rumah
- Bukti pelaksanaan pemberian edukasi tentang risiko dan komplikasi tindakan medik yang akan dilakukan
- Bukti pelaksanaan pemberian edukasi tentang hak, kewajiban dan tanggungjawab pasien untuk berpartisipasi dalam proses asuhan
– DPJP
– PPJA
– MPP
– Staf klinis
– Pasien/keluarga
Lihat rekam medis pasien
- Bukti tentang materi edukasi kolaboratif
- Bukti pelaksanaan verifikasi
- Bukti materi edukasi tertulis
PPA
Staf klinis
Pasien/keluarga Staf pemberi edukasi
Peragaan staf klinis dalam pemberian edukasi |
ARK 1.1
AP 1.3
PAP 1
HPK 1.1
HPK 1.2
HPK 2.1
MKE 9
MKE 11 |
|
|
|
+ |
Skrining
- Bukti tentang pelaksanaan asesmen yang digunakan untuk skrining pasien rawat inap.
- Daftar jenis pelayanan preventif, paliatif, kuratif, dan rehabilitatif.
- Bukti tentang pelaksanaan pelayanan atau tindakan yang diberikan sesuai kebutuhan pasien.
- Bukti tentang penetapan prioritas untuk pelayanan preventif, paliatif, kuratif, dan rehabilitatif .
Staf medis
Staf keperawatan |
ARK 1.2 |
++
+
+ |
|
+
+ |
|
SKP |
Hand hygiene
- Bukti pelaksanakan program kebersihan tangan (hand hygiene) di seluruh rumah sakit, sesuai dengan PPI 9 EP 3
Lihat pelaksanaan fasilitas untuk cuci tangan (1 tempat tidur satu handrub), lihat kepatuhan staf pada lima saat cuci tangan.
Peragaan disinfeksi, sesuai dengan PPI 9 EP 2, EP 5 dan EP 6
Staf SDM
Komunikasi antar PPA/staf klinis
- Bukti pelaksanaan pelatihan tentang komunikasi efektif
- Bukti pelaksanaan tentang penyampaian pesan verbal atau lewat telpon.
- Lihat dengan cek silang dokumen penyampaian verbal lewat telepon dari sisi pemberi dan dari sisi penerima
DPJP
PPA lainnya
Staf klinis |
SKP 5
SKP 2 |
+
+
+ |
++ |
+
+
+
+ |
++ |
PPI |
Ruang dekontaminasi
- Bukti tentang pelaksanaan program PPI meliputi a s/d g. di maksud dan tujuan
- Bukti pelaksanaan program PPI, meliputi:
- Bukti pemeriksaan berkala pegawai
- Bukti laporan pajanan/ tertusuk jarum
- Bukti imunisasi
- Bukti pengobatan dan konseling pegawai
Lihat pelaksanaan program PPI di unit pelayanan (Hand Hygiene, APD, penempatan pasien, dll)
Komite/Tim PPI
IPCN
IPCLN
Kepala bidang/divisi keperawatan
Kepala unit pelayanan/Kepala ruang
Peragaan hand hygiene
Pasien airborne disease
- Lihat penempatan pasien airborne diseases, termasuk di ruang gawat darurat dan ruang lainnya dan transfer pasien (Lihat PPI 8 EP1)
Kepala/staf IGD
Kepala/staf rawat jalan
Kepala/staf rawat inap
IPCN
IPCLN
Pasien immunocompromised
Lihat ruang isolasi untuk pasien dengan immunocompromised
Identifikasi risiko infeksi
- Bukti tentang daftar risiko infeksi pada prosedur dan proses asuhan invasif
- Bukti strategi untuk penurunan infeksi (tata kelola risiko infeksi)
Limbah
- Bukti pelaksanaan monitoring, evaluasi dan tindak lanjutnya
Lihat kepatuhan petugas dalam pengelolaan limbah infeksius sesuai prinsip PPI
Benda tajam
Lihat kepatuhan petugas dalam pengelolaan benda tajam dan jarum sesuai prinsip PPI
IPCN
IPCLN
Kepala/staf unit pelayanan
Petugas cleaning service |
PPI 5PPI 8.1
PPI 8
PPI 7
PPI 7.4
PPI 7.5 |
++
+
+
+ |
+
+
+
+
+ |
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+ |
+ |
AP |
SPK dan RKK
- Bukti tentang SPK dan RKK staf medis ada di unit pelayanan.
- Bukti pelaksanaan pengawasan untuk memastikan staf medis memberikan pelayanan sesuai SPK dan RKK
Komite medis
Staf medis
- Bukti pelaksanaan tentang proses rekredensial untuk kewenangan tambahan
- Bukti pelaksanaan tentang proses penetapan SPK dan RKK staf keperawatan
- Bukti pelaksanaan tentang proses penetapan SPK dan RKK PPA lainnya dan staf klinis lainnya
|
KKS 10
KKS 12
KKS 14
KKS 17 |
++
+
+
+ |
+
+ |
|
ARK |
Penolakan rawat inap
- Bukti tentang pemberian edukasi.
- Bukti pelaksanaan pasien keluar rumah sakit atas permintaan sendiri sesuai regulasi.
- Bukti pelaksanaan rujukan sesuai ARK 5.
- Bukti pelaksanaan evaluasi alasan pasien keluar rumah sakit atas permintaan sendiri.
DPJP
- Bukti formulir tentang penolakan/tidak melanjutkan pengobatan
- Bukti formulir tentang tidak melanjutkan perawatan (pulang atas permintaan sendiri)
- Bukti pelaksanaan edukasi tentang hak untuk menolak atau tidak melanjutkan pengobatan
- Bukti pelaksanaan edukasi tentang konsekuensi dari keputusan mereka
- Bukti pelaksanaan edukasi tentang tanggung jawab mereka berkaitan dengan keputusan tersebut
- Bukti pelaksanaan edukasi tentang tentang alternatif pelayanan dan pengobatan
DPJP/PPA lainnya
Staf klinis
Pasien / keluarga |
ARK 4.4
HPK 2.3 |
++
+
+
+
+
+
+
+
+ |
+
+
+
+ |
|
|
Pendaftaran rawat inap
- Bukti tentang proses pelaksanaan penerimaan pasien rawat inap dan rawat jalan
- Bukti tentang proses pelaksanaan penerimaan pasien gawat darurat ke unit rawat inap.
- Bukti tentang penetapan dan pelaksanaan menahan pasien untuk observasi termasuk edukasinya,perhatikan juga ARK 1.2.
- Bukti tentang pemberian informasi rujukan dan pengelolaan pasien apabila tempat tidak tersedia. Perhatikan tentang kebutuhan kelompok pasien
Staf medis
Staf keperawatan
Pasien
Staf Admisi
untuk rawat inap biasa dan rawat intensif. |
ARK 2 |
++
+
+ |
+
+
+
+ |
|
|
Proses transfer
- Bukti tentang pelaksanaan P3 atau discharge planning dicatat di rekam medis.
DPJP
Staf keperawatan
Manajer Pelayanan Pasien
Pasien/keluarga
- Bukti form transfer memuat indikasi pasien masuk dirawat.
- Bukti form transfer memuat riwayat kesehatan, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan diagnostik.
- Bukti form transfer memuat setiap diagnosis yang dibuat.
- Bukti form transfer memuat setiap prosedur yang dilakukan.
- Bukti form transfer memuat obat yang diberikan dan tindakan lain yang dilakukan.
- Bukti form transfer memuat keadaan pasien pada waktu dipindah (transfer).
- Bukti tentang kelengkapan pengisian form.
Manajer Pelayanan Pasien
Kepala instalasi rawat inap/kepala ruang rawat inap
Staf klinis
Pasien/keluarga |
ARK 3ARK 3.3 |
++
+
+
+
+
+
+ |
+
+
+
+
+
+
+ |
|
|
Proses rujukan
- Bukti pelaksanaan rujukan pasien sesuai dengan kebutuhan kesinambungan asuhan pasien.
- Bukti tentang fasilitas kesehatan yang menerima dapat memenuhi kebutuhan pasien yang dirujuk.
DPJP
Staf keperawatan
Petugas Ambulans
- Bukti form rujukan memuat nama dari fasilitas pelayanan kesehatan yang menerima dan nama orang yang menyetujui menerima pasien.
- Bukti form rujukan memuat alasan pasien dirujuk, memuat kondisi pasien, dan kebutuhan pelayanan lebih lanjut.
- Bukti form rujukan memuat prosedur dan intervensi yang sudah dilakukan.
- Bukti pelaksanaan evaluasi proses rujukan dalam aspek mutu dan keselamatan pasien.
DPJP
Komite/tim PMKP
Kepala instalasi rawat inap/kepala ruang rawat inap
Staf keperawatan
Petugas Ambulans |
ARK 5
ARK 5.2 |
++
+
+
+
+ |
+
+
+
+
+
+
+
+ |
|
|
Penolakan rujukan
- Bukti tentang pemberian edukasi.
- Bukti pelaksanaan pasien keluar rumah sakit atas permintaan sendiri sesuai regulasi.
- Bukti pelaksanaan rujukan sesuai ARK 5.
- Bukti pelaksanaan evaluasi alasan pasien keluar rumah sakit atas permintaan sendiri.
DPJP |
ARK 4.4
HPK 2.3 |
++
+
+ |
+ |
|
|
Ambulance:
Jenis ambulance
- Bukti pelaksanaan transportasi sesuai hasil asesmen.
Penyediaan alat transportasi pasien
Kepala unit kerja
Kepala instalasi rawat inap/kepala ruang rawat inap
Staf terkait
Sopir ambulans
Proses dekontaminasi
- Bukti pelaksanaan dekontaminasi alat transportasi sesuai PPI 7.2.
Lihat bukti dokumentasi proses dekontaminasi alat transportasi.
IPCN
Staf terkait
Sopir ambulans
Penanganan pengaduan
- Bukti pelaksanaan penanganan pengaduan/keluhan dalam proses rujukan.
Staf terkait
Sopir ambulans |
ARK 6 EP 2ARK 6 EP 3
ARK 6 EP 4 |
+
+
+ |
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+
+ |
|
PKPO |
Obat emergensi
- Dokumen supervisi apoteker
Kepala Insatalasi Farmasi
Apoteker |
PKPO 3 EP 4 |
+ |
+ |
|
|
- Bukti daftar obat emergensi disetiap tempat penyimpanan
Fisik obat sesuai jumlahnya dengan daftar
Kepala Instalasi Farmasi
Perawat
Apoteker
Staf Farmasi |
PKPO 3.4 EP 2 |
+ |
+
+
+
+
+ |
|
|
- Bukti tentang catatan supervisi tentang penyimpanan obat emergensi
Lihat Fisik obat sesuai jumlahnya dengan daftar obat
Kepala Instalasi Farmasi
Perawat
Apoteker
Staf Farmasi |
PKPO 3.4 EP 3 |
++
+
+
+ |
+ |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|